Berharap “Esteban Ocon” tidak lebih baik dari “Rio Haryanto”

12 Aug 2016

Ditengah kekecewaan berakhirnya kontrak Rio dengan Manor sebagai Driver Utama, sebagian kita mungkin berharap bahwa penggantinya yaitu Esteban Ocon tidak tampil lebih baik dibandingkan dengan Rio pada sisa 9 seri di 2016 ini.

Kenapa berharap jelek seperti itu? Karena:

  1. Jika Esteban lebih baik, artinya Rio saat ini memang belum siap tampil di F1.
  2. Apakah Esteban juga ber-status “Pay Driver”, jika tidak maka 8 Juta Euro yang sudah disetor seperti memberi makan orang lain yang lebih kaya, walau jumlah tersebut baru setengah dari nilai kontrak yang harus disetor.
  3. Saya khawatir perusahaan seperti Pertamina, dan perusahaan besar lain yang diharapkan bisa memberikan sponsorship akan kapok untuk mengucurkan dananya. Mereka akan lebih berhati-hati lagi.
  4. Kucuran dana dari Pertamina ke Manor senilai 5 Juta Euro bukanlah jumlah yang kecil. Itu menggerus keuntungan perusahaan, akibatnya Pertamina harus mencara “Cara” untuk menutup biaya yang keluar tersebut.
  5. Jangan juga Esteban lebih baik dari Pascal, ini akan semakin menambah daftar perbaikan yang harus dilakukan.

Adakah pelajaran yang bisa dipetik dari kasus ini?

  1. Banyak pihak yang tidak jujur dengan diri sendiri ketika menghadapi kasus ini. Semuanya bersimpati, tapi sebenarnya menyimpan pernyataan yang tidak berani diungkap.
  2. Kami ikut senang dengan adanya perwakilan Indonesia yang bisa mengikuti kompetisi Jet Darat paling bergengsi di Bumi ini, tapi tentunya harapannya adalah bisa memenangkan kompetisi, bukan sekedar menjadi peserta.
  3. Next time, semua keputusan harus lebih matang dengan berbagai pertimbangan dan tidak terburu-buru. Seringkali keputusan yang terburu-buru hanya berdasar emosi tanpa melihat kapasitas yang dimiliki. Akibatnya reputasi bisa menjadi taruhan.

 

Saya ingin berbagi quote sebagai berikut:

“Prestasi itu bukan karena kita mengikuti kompetisi paling bergengsi, melainkan memenangkan kompetisi secara konsisten sesuai dengan kapasitas/potensi yang dimiliki saat ini.”


TAGS F1 Rio Haryanto Manor Racing Kontrak Rio Haryanto Rio tidak lanjut F1


-

Author

Follow Me