Dunia IT 2011-2012 berkiblat pada Apple

24 Nov 2011

img_5822

Suka atau tidak, benci, atau mungkin iri .. kenyataannya adalah dunia IT kini berkiblat pada Apple. Sebut saja Android Galaxy Tab dan kawan-kawan yang mengklaim produknya lebih baik dari Apple iPad. Ya begitulah, apple selalu dijadikan basis pembanding. Samsung dan kawan-kawan sibuk mengembangkan spesifikasi yang lebih tinggi, tapi kadang sebagian mereka lupa … dunia kini bukan masalah spesifikasi, tapi juga lifestyle. Gadget yang mana enak dibawa kemana-mana dan mudah.

Apple sendiri juga bukan pabrikan yang menghasilkan produk high-end. Spesifikasinya tergolong biasa dan selalu tertinggal dibanding kompetitor.. Tapi nyatanya produknya selalu diminati, kenapa? Karena walau bukan superior dalam spesifikasi, apple tidak “terasa lambat”. Dan tepat guna bagi user yang menginginkan kemudahan tanpa harus direpotkan dengan setting yang tidak perlu.

Sekarang juga demam Notebook PC yang berlomba adu tipis dengan macbook air. Ya lagi2 apple yang menjadi pembanding. Siapa yang butuh notebook tipis? percuma saja spesifikasi canggih tapi tidak mampu “tampil gaya” ketika sedang berada di cafe. Logo buah yang selalu menyala tetap jadi daya tarik.

Apple tidak perlu mengeluarkan variasi produk yang banyak seperti halnya samsung dengan galaxy dkk… it’s just so simple …

Jika android mengklaim penjualannya lebih banyak dibandingkan dengan iOS, itu terdiri dari berapa merek? mulai dari samsung, lg, huawei, belum lagi produk China yang mereknya macam-macam dengan rentang harga mulai dari 500ribuan. Jelas saja banyak orang yang ingin coba-coba.. tapi juga banyak akhirnya orang yang kecewa. dibandingkan dengan orang yang kecewa dengan produk apple, mungkin jauh lebih sedikit. Sehingga jika dihitung dari satu tipe saja, iPhone still leads the market.

Unduhan / download pada android market juga lebih banyak dibanding app store, ya jelas saja .. handset android lebih banyak… tapi aplikasi android juga lebih banyak sampah. File explorer saja ada berapa jenis? pusing pilih yang mana, akhirnya diinstall semua. Pakai antivirus pula. Jadinya gadget makin terasa lambat.

User interface android lebih lengkap dengan beragam widget … tapi hei… itu yang bikin lambat, walau sekarang gerakannya sudah smooth. tapi akhirnya, anak umur 2 tahun tidak bisa mengoperasikan android. It’s a man’s toy. iPad is everybody toy.

So … berhentilah mengklaim lebih baik, market pula yang akan membuktikan. Apple pun tidak berambisi menguasai pasar namun mengorbankan kualitas dan juga marjin keuntungan. dan suka atau tidak, apple saat ini memang menjadi kiblat bagi dunia IT.


TAGS


-

Author

Follow Me